Sunday, February 15, 2009

Moon gate 1.01

| Sunday, February 15, 2009 | 0 comments
Multiplayer RPG Game Tools

Version: 1.01

Aplikasi Apakah Ini?

Kumpulan aplikasi peralatan (tools) untuk membuat permainan Multiplayer (melalui LAN atau Internet) Role Playing Game tanpa perlu mengetahui bahasa pemrograman apapun dan tidak memerlukan pemrograman sama sekali dalam prosesnya. Apa yang perlu kamu lakukan hanyalah membuat sebuah cerita besar yang bagus dan gambar (sprite) kamu juga bisa menambahkan music/efek suara pada permainan yang kamu buat.



Permainan Apa Yang Bisa Dibuat Dengan Tools Ini?

Kamu bisa membuat berbagai macam permainan bertipe RPG dan secara otomatis memiliki kemampuan dimainkan secara beramai-ramai, melalui jaringan atau internet.



Tapi RPG Seperti Apa ?

Itu tergantung dari si pembuat permainannya, akan tetapi pada dasarnya engine tools saat ini mampu membuat permainan dengan tingkat yang kira-kira sama dengan MMORPG umumnya dan bahkan lebih, karena engine dan tools nya sendiri akan bisa terus dikembangkan lebih lanjut sehingga tidak ada batasan sama sekali. Untuk saat ini pastinya kamu bisa membuat sebuah permainan RPG yang sangat menarik dimainkan terus-menerus.



Apakah Gratis ?

PASTI, tidak dipungut biaya apapun untuk membuat permainanmu sendiri menggunakan tools ini, tapi seperti program GPL umumnya maka hasil dari permainan yang kamu buat dengan tools ini juga harus dibagikan secara gratis. Dan kamu diharuskan untuk mendaftarkan hasil karya permainanmu pada situs resmi tools ini, agar para pemain lain bisa mencoba permainan yang kamu buat. Termasuk saya yang juga akan memainkan permainan hasil karya kamu. Nah sekarang sudah ada peralatan untuk membuat permainan tanpa pusing melakukan program sama sekali, dapatkah kamu membuat cerita yang menakjubkan dan gambar animasi yang indah? Bahkan juga kamu tambahkan musik dan efek suara yang menarik ?

Hasil karyamu bisa dinikmati oleh siapapun, bukankah itu adalah hal yang sangat bagus?

Permainan ini menggunakan GPL alias GRATIS / CUMA CUMA / TAK BAYAR / BIAYA = 0. (^ - ^)



Apakah Servernya Bersifat Dedicated Atau Bagian Dari Client?

Servernya adalah Dedicated, tapi tetap bisa dimainkan dalam satu komputer saja dengan cara menjalankan server dan clientnya. IP set awal memang diset untuk dijalankan pada satu komputer. Kenapa sih harus dedicated server? Karena dedicated server bisa di eskalasi menjadi MMO nantinya.



Apakah Ada Contoh Petunjuk Pembuatan ?

Pasti ada, lihat di folder /Sample untuk contoh, dan folder /Doc untuk petunjuk.



Bisakah Dicoba Permainan Contoh Yang Ada ?

Tentu bisa, masuk ke folder /Sample/Server dan jalankan dedicated server program bernama BASEServer.exe kemudian masuk folder /Sample/Client jalankan program permainan bernama BaseClient.exe. Gunakan ID berikut untuk melakukan test:

Login: test
Pasword: 12345

Mohon diingat contoh permainan tersebut adalah contoh permainan sangat dasar dari fungsi-fungsi engine gamenya dengan tujuan hanya untuk mengajarimu bagaimana membuat permainan dengan tools nya dan menunjukkan bagaimana kira-kira mekanisme permainan bekerja, jadi jangan diharapkan sebuah permainan besar dan hebat disini. Adalah tugasmu untuk membuat permainan sesungguhnya :)

Bagaimana Menambahkan ID Pemain Baru?

Mudah, pada server ketik:

/ava add [idpemainbaru] classid

Untuk classid pada contoh disini hanya tersedia Jaguar Warrior, jadi untuk contoh pembuatan id baru bernama: \\\"pemburu naga\\\", silahkan ketik berikut:

/ava add [pemburu naga] Jaguar Warrior



Bagaimana Bermain Ramai-Ramai ?

Jalankan server pada sebuah komputer, kemudian komputer para pemain bisa bergabung, kamu perlu mengubah Server IP pada setting permainan sesuai dengan IP server yang menjalankan program servernya. Jika kamu ingin ada pemain melalui internet bisa ikutan bergabung, maka harus kamu ubah port 51973 pada server dan clientnya untuk menghindari masalah NAT.



Pemain Tidak Bisa Terkoneksi Ke Server, Kenapa?

Ada 3 kemungkinan masalah umum: Salah IP/Port Setting, Firewall atau NAT.
Coba periksa apakah IP dan Port pada sisi server benar sama dengan setting IP dan Port pada client permainan ?
Coba periksa apakah kamu sudah membuka port pada firewall ?
Coba periksa apakah pada server dan client yang terkoneksi melalui Router / Modem perlu diseting NAT Port Forwarding / Virtual Server?
Lihat pada http://www.portforward.com/routers.htm untuk keterangan lebih jelas mengenai masalah NAT.

Jika kamu hanya bermain sendiri / beramai-ramai melalui LAN, kemungkinan masalah hanyalah masalah IP /Port dan Firewall.
Sedangkan jika bermain beramai-ramai melalui internet masalah lebih jauh sangat mungkin disebabkan oleh masalah NAT - Port Forwarding/Virtual Server.



Jadi Apakah Yang Terkandung Pada Folder /BIN ?

Disitu adalah file-file sangat dasar yang dibutuhkan untuk membuat permainanmu menggunakan tools ini. Jadi silahkan copy saja semua isi /BIN dan mulai untuk membuat permainan baru darinya. Kamu juga selalu bisa saja mengambil dan modifikasi file dari folder /Sample bahkan disarakan melakukannya agar lebih mudah dan cepat.

link : download

Related Post:

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com